Share It

Minggu, 19 Februari 2012

Laporan Praktikum Gambar Teknik ( Gamtek )


PROGE CAD

                 I.            DASAR TEORI
ProgeCAD merupakan program CAD buatan progeSOFT yang disusun berdasarkan teknologi IntelliCAD. Tujuan utama dari progeSOFT yakni menawarkan alternatif  lain yang kompatibel serta sama dengan AutoCAD.  ProgeCAD mampu membuat dan mengolah data DWG. ProgeCAD sangat mengurangi waktu dan upaya yang dibutuhkan untuk membuat dan merevisi gambar. Kita tidak hanya dapat menghasilkan gambar yang akurat dan lebih cepat, kita juga dapat menggunakan kembali informasi dalam gambar yang kita buat. Berikut ini adalah cara penggunaan ProgeCAD :

1.      Toolbar
progeCAD menyediakan lebih dari selusin toolbar, kita dapat menyesuaikan dengan menambahkan dan menghapus alat. Kita juga dapat memindahkan dan mengubah ukuran toolbar, serta kita dapat membuat toolbar baru. Kita  dapat menggunakan menu pintas untuk menampilkan atau menyembunyikan toolbar. Untuk  menampilkan menu shortcut dapat dilakukan dengan klik kanan pada toolbar, status bar, tab Model nama, atau nama tab Layout. Pilihlah kelompok menu shortcut yang dihendaki sesuai kebutuhan, seperti :

a. Toolbar Dimension
Toolbar Dimension seperangkat short cut berfungsi untuk memberikan ukuran pada gambar yang telah dibuat.
b. Toolbar Draw
Toolbar Draw seperangkat short cut berfungsi untuk membuat objek gambar pada kanvas kerja.
c. Toolbar Modify           
Toolbar Modify seperangkat short cut berfungsi untuk mengubah bentuk gambar yang telah dibuat.
2.      Menu Utama
Pilihlah menu dengan kelompok menu seperti di gambar berikut :

ScreenHunter_002.bmp
mengetikan sebuah perintah di command bar kemudian tekan enter
3.      Mengulangi perintah sebelumnya
v  Tekan space bar
v  Klik kanan pada mouse
v  Tekan enter
4.      Melihat history perintah
v  Tekan F2
5.      Zoom
v  Putar mouse wheel in/out
v  Ctrl + shift + klik kiri tahan geser
6.      Panning
v  Tekan mouse wheel
v  Ctrl + shift + klik kanan tahan geser














              II.            ANALISA
Pada praktikum Gambar Teknik, yakni tentang penggunaan program ProgeCAD. Kami mempelajari cara – cara menggambar suatu objek yang sederhana. Misalnya seperti menggambar sebuah garis, caranya adalah:
a.          Lakukan salah satu dari berikut:
1.      Pilih Draw > Line.
2.      Pada toolbar Draw 2D, klik Line tool.
3.      Tulis line pada command bar dan lalu tekan Enter.
b.         Tentukan start point.
c.          Tentukan end point.
d.         Mengahiri langkah tekan enter/esc/klik kanan.
Selain menggambar garis, kita juga mempelajari tentang bagaimana menggambar elips. Menggambar elips adalah untuk menentukan titik akhir dari salah satu sumbu elips, dan kemudian tentukan jarak yang mewakili setengah panjang sumbu kedua. Titik akhir dari sumbu pertama menentukan orientasi elips. Maka langkah – langkah untuk menggambar elips adalah sebagai berikut :
a.          Lakukan salah satu dari berikut:
1.     Pilih Draw > Line.
2.     Pada toolbar Draw 2D, klik ellipse tool.
3.     Tulis ellipse pada command bar dan lalu tekan Enter.
b.         Tentukan start point.
c.          Tentukan end point.
d.         Tentukan pangjang sumbu lainnya.
Kemudian selanjutnya kita juga dikenalkan mengenai sistem kordinat. Sistem kordinat itu sendiri terbagi menjadi 3 bagian, yang terdiri dari :
1.            Koordinat absolute
Program ProgeCAD memiliki system koordinat absolute, dimana prisnip dasar dari system ini adalah titik awal sebagai titik pusat.


2.            Koordinat Relatif
Program ProgeCAD memiliki system koordinat absolute,dimana prisnip dasar dari system ini adalah titk akhir sebagai titik awal.

3.            Koordinat Polar
Program ProgeCAD memiliki system koordinat absolute,dimana prisnip dasar dari system ini adalah titk akhir sebagai titik awal dan menggunakan sudut.
























DIMENSI
PADA PROGE CAD


I.                   DASAR TEORI

Dimensi terdiri dari 5 jenis, 5 jenis dasar dimensi tersebut terdiri dari : linier, sudut, radial, diametral, dan ordinat. Apabila hendak membuat dimensi, maka program secara default menyimpanya pada entitas di layer saat ini, dengan menggunakan style dimensi saat ini. Setiap dimensi memiliki style dimensi yang terkait, yang mengontrol tampilan dimensi, seperti jenis kepala panah, style teks, dan warna dari berbagai komponen. kita dapat mengubah style dimensi yang ada dengan mengubah salah satu pengaturan dimensi variabel dan kemudian memperbarui style dimensi untuk mencerminkan pengaturan baru. Setiap dimensi yang dibuat terdiri dari beberapa bagian. Sebuah garis dimensi menunjukkan di mana dimensi dimulai dan berakhir. Bila membuat dimensi sudut, garis dimensi busur yang subtends sudut diukur. garis Ekstensi, juga disebut garis proyeksi, adalah garis yang membentang dari entitas yang kita ciptakan dimensi, sehingga kita dapat menempatkan garis dimensi dari entitas. Teks dimensi berisi informasi dimensi dan juga dapat mencakup prefiks, sufiks, toleransi, dan teks opsional lainnya. Saat kita memasukkan dimensi, kita dapat mengontrol teks dimensi dan menentukan posisi dan orientasi. Dimensi juga dapat mengandung komponen opsional lainnya. Bila kita membuat dimensi radial. Kita dapat menambahkan tanda pusat, yang merupakan symbol plus kecil yang menandai pusat lingkaran atau busur, atau kita dapat menambahkan centerlines, yang melintasi jalur yang memperpanjang keluar dari pusat lingkaran atau sebuah busur.

ScreenHunter_047.bmp

Styles Dimensi dan variabel

Dimensi yang kita masukkan dibuat menggunakan style dimensi saat ini. Kita  dapat membuat, menyimpan, memperbaiki, dan menghapus style dimensi rancangan kita. Untuk menampilkan informasi tentang style dimensi saat ini dan membandingkannya dengan nama style lainnya, kita dapat menggunakan perintah dimstyle. Dimensi gaya menyediakan cara bagi kita untuk mengubah berbagai pengaturan yang mengendalikan munculnya dimensi. Kemudian kita dapat menyimpan pengaturan tersebut untuk digunakan kembali. Jika kita tidak mendefinisikan style dimensi sebelum membuat dimensi, program ini menggunakan style standar dimensi, yang menyimpan pengaturan dimensi variabel default.













II.                ANALISA
Berdasarkan praktikum yang telah dilakukan, maka dapat dianalisa bahwa setelah kita mempelajari mengenai membuat gambar sederhana menggunakan ProgeCAD, maka selanjutnya adalah kita mempelajari tentang penggunaan dimensi pada ProgeCAD. Pada bab dimensi ini dijelaskan diantaranya yakni tentang mengubah style pada dimensi. Cara untuk mengubah style pada dimensi adalah :
1.         Lakukan salah sau langkah berikut:
v  Pilih Dimension > Dimension Style.
v  Pada toolbar dimensi, klik Angular tool ScreenHunter_060.bmp
v  Ketik dimstyle kemudian Enter.
2.        Pilih entitas busur yang dimaksud.
3.        Tentukan parameter-parameter yang akan di rubah dengan mengetikan nilai atau mouse klik.
Lalu diterangkan pula pada saat praktikum gambar teknik bab dimensi ini, yakni tentang membuat berbagai macam dimensi yang terdiri dari:
·           Membuat dimensi linear
Dimensi linier membubuhi keterangan jarak linier atau pun panjang serta dapat berorientasi horizontal, paralel, maupun vertikal sesuai untuk suatu entitas yang ada.
·           Membuat dimensi angular
Dimensi angular  adalah dimensi pada sudut yang diukur antara dua baris. Kita juga dapat membubuhi entitas yang memiliki nilai sudut tertentu.
Langkah membuat dimensi angular pada sebuah entitas
1.        Lakukan salah sau langkah berikut:
a)         Pilih Dimension > Angular.
b)        Pada toolbar dimensi, klik Angular tool ScreenHunter_056.bmp
c)         Ketik dimangular kemudian Enter.
2.        Pilih entitas busur yang dimaksud.
3.        Tetntukan lokasi dimensi busur.


·           Membuat dimensi diametral
Langkah membuat dimensi diametral pada sebuah entitas
1.      Lakukan salah sau langkah berikut:
a)       Pilih Dimension > Diameter.
b)       Pada toolbar dimensi, klik Diameter tool
c)       Ketik dimdiameter kemudian Enter.
2.      Pilih entitas lingkaran yang dimaksud.
3.      Tetntukan lokasi dimensi Diameter.
Selanjutnya kita diberi penjelasan apabila ingin mengedit sebuah dimensi. Diterangkan bahwa kita dapat menggunakan grip untuk mengedit dimensi entitas. Selain itu, kita juga dapat mengedit teks dimensi. Kita dapat memutar baris dimensi dan teks dimensi  ke sudut manapun yang diinginkan, serta kita dapat memposisikan teks dimensi di mana saja sepanjang garis dimensi. Kita dapat memutar teks dari dimensi yang ada, memindahkan teks dimensi ke posisi baru, atau mengganti teks yang dipilih dimensi dengan teks baru. Dan juga dapat mengembalikan teks dimensi ke posisi semula seperti yang didefinisikan oleh gaya dimensi saat ini. Semua dimensi yang dipilih akan diperbarui secara bersamaan.
Langkah memrubah Text dimensi pada sebuah entitas
1.     Pilih Dimension > Edit Dimension Text.
2.     Masukan Nilainya kemudian enter.
3.     Tetntukan entitas yang hendak di rubah.










VISIO 2007
DAN OBJEK MODIFIKASI


I.         DASAR TEORI
Microsoft Office Visio 2007 berfungsi membantu kita untuk membuat diagram tampak profesional baik untuk tujuan mendokumentasikan atau menganalisis informasi. Sebagian besar program perangkat lunak grafis tergantung pada keterampilan artistik, jadi hasil tampilan akhir secanggih apapun alatnya kembali ke pengguna. Namun dalam hal ini setidaknya bila kita menggunakan Visio, menyampaikan informasi penting secara visual dilakukan semudah membuka template, menyeret objek ke lembar kerja. Fitur baru dan tambahan pada Office Visio 2007 menjadikan proses pembuatan diagram lebih mudah dan lebih cepat, tapi hasil yang lebih mengesankan. Visio tersedia dalam dua edisi: Microsoft Office Visio Professional 2007 dan Microsoft Office Visio Standard 2007.Office Visio Standard 2007 memiliki banyak fitur yang sama bahwa Office Visio Professional 2007 , tapi Office Visio Professional 2007 memiliki banyak template dan beberapa fitur canggih tambahan. Terdapat sedikit perbedaan tampilan antara Microsoft Office Visio 2007 dan Microsoft Office Word 2007. Perbedaan tersebut adalah dalam hal pengelompokan menu, pengelompokan menu pada Microsoft Office Visio 2007 menggunakan Menubar sedangka pada Microsoft Office Word 2007 menggunakan Ribbon.
Pada Office Visio 2007 tersedia juga jenis diagram baru yakni Pivot Diagram. Pivot Diagram menampilkan data sebagai kumpulan objek yang diatur dalam secara terstruktur yang membantu Kita untuk menganalisis dan merangkum data secara visual, format yang mudah di fahami. Menggunakan Pivot Diagram, Kita secara visual dapat menjelajahi data bisnis Kita, menganalisanya, dan membuat beberapa tampilan dari itu untuk mendapatkan gambaran yang lebih informatif. Mudah mengidentifikasi isu-isu kunci, tren, dan fungsi lainya. Kita bahkan dapat menyisipkan Pivot Diagram ke dalam diagram Visio lain untuk melengkapi data.
II.      ANALISA
Saat praktikum bab ini, kita diajarkan mengenai bagaimana pengguna dan cara mengoperasikan microsoft visio 2007. Pertama – tama yang dilakukan adalah dengan memulai lembar kerja baru. Caranya adalah:
1.         Klik Tombol start/windows,
2.         Microsoft Visio 2007,
3.         File,
4.         New,
5.         New Drawing (Metric)
Atau klik
ScreenHunter_03 Apr. 28 06.35.jpg
Langkah berikutnya yang harus kita lakukan adalah merubah format ukuran, langkahnya yakni :
1.         File
2.         Page Setup
3.         Drawing Scale
4.         Pre-defined scale, kita pilih metric
5.         OK
Pembahasan berikutnya adalah kita membuat objek sumbu kordinat XY. Langkah awalnya adalah kita klik line tool pada Drawing toolbar, klik dan tahan di kolom pertama baris ke dua tarik se arah sumbu Y banyaknya baris terserah ketentuannya, buat garis serupa yang berada pada sumbu X. Microsoft Visio pun dapat digunakan untuk membuat gambar denah rumah. Apabila kita hendak membuat sebuah denah rumah dengan menggunakan microsoft visio 2007, maka pertama kita klik File, lalu pilih New, setelah itu pilih Maps and Floor Plans,dan yang terakhir kita pilih Home Plan (matric). Pada denah rumah yang kita buat, apabila kita igin menambahkan ornamen sepereti jendela, pintu, dinding dan lain sebagainya, maka microsoft visio pun menyediakannya. Apabila kita ingin menambahkan dinding maka caranya Klik Wall, Shell and Structure ; lalu drag and drop room, lepaskan di lembar kerja; kita letakan ujung kiri bawah objek kotak di kolom 4 dan baris 4; Klik kanan pada objek kotak; kemudian klik properties, Isi width 3 dan length 2, dan yang terakhir klik OK. Selanjutnya apabila kita ingin menambahkan pintu, yang harus dilakukan adalah kita drag and drop objek door, letakan pada kolom 10 dan baris 9 (misalnya). Pembahasan yang terakhir tentang microsoft visio 2007 ini adalah apabila kita ingin memodifikasi objek, langkah – langkahnya yakni kita klik kanan kotak atas, klik Shape, lalu Ungroup, dan OK. Lakukan hal sama untuk kotak bawah.


Tidak ada komentar :