Share It

Rabu, 21 Maret 2012

Sejarah Berdirinya PT XL Axiata Tbk


Sejarah Singkat XL Axiata
PT XL Axiata Tbk. telah beroperasi di industri telekomunikasi selama 14 tahun dan merupakan salah satu operator seluler terkemuka di Indonesia. Visi dari XL adalah menjadi operator seluler no. 1 di Indonesia yang diwujudkan dalam bentuk komitmen dalam memenuhi kebutuhan pelanggan, pemegang saham dan karyawan
Tonggak sejarah
21 Januari 2010
Sebagai komitmen XL untuk mendukung pemerintah di dalam mendorong penggunaan Internet secara sehat dan positif, XL dan ICT Watch meluncurkan program Internet Sehat Blog Award 2010.
1 Februari 2010
XL meluncurkan varian baru layanan program XL BlackBerry One, bernama XL BlackBerry Gaul, dengan tarif hanya Rp. 2.000/hari.
6 Februari 2010
XL bekerjasama dengan Pundi Amal SCTV membangun kembali SD Negeri 27 Padang yang hancur karena gempa besar yang melanda Padang dan Sumatera. Menteri Komunikasi dan Informatika - Tifatul Sembiring, bersama Presiden Direktur XL – Hasnul Suhaimi, serta Direktur Utama SCTV Fofo Sariatmadja meresmikan pembangunan sekolah tersebut secara simbolis.
10 Februari 2010
XL  memberikan penghargaan Top Outlet XL (Top XL) serta XL Agent sebagai salah satu bentuk apresiasi bagi mitra penjualan XL. Pemberian penghargaan bagi para mitra yang merupakan salah satu garda terdepan XL ini ditentukan berdasarkan proses seleksi yang diikuti oleh sekitar 26.000 TOP Outlet dan 9.000 XL Agent di seluruh Indonesia.

24 Februari 2010
Sesuai komitmennya untuk peduli dan tanggap terhadap setiap bencana yang menimpa masyarakat Indonesia, XL kembali membantu korban bencana alam tanah longsor di Ciwidey, Kabupaten Bandung. Bantuan yang disalurkan berupa Telepon Umum Gratis (TUG), bahan makanan, serta kartu perdana XL.
5 Maret 2010
XL meluncurkan program internal bertajuk  “Amazing ICE (Intentional Customer Experience).” Program ini bertujuan untuk  menggalakkan perilaku karyawan yang selaras dengan tiga nilai utama ICE : Anticipate-Act-Amaze.
24 Maret 2010
XL mengoperasikan sekitar 12.000 BTS inovatif yang ramah lingkungan dan hemat energi.
19 Mei 2010
XL menjalin kerjasama eksklusif dengan Motricity untuk layanan Mobile Internet. Motricity akan memanfaatkan aplikasi McCore platform dan manage service (vendor outsource) agar XL mampu menghadirkan layanan dengan kualitas terbaik bagi pelanggan.
20 Mei 2010
XL kembali menggelar program Indonesia Berprestasi Award (IB Award). Program yang menginjak penyelenggaraan tahun ke-4 ini kembali akan mencari warga negara Indonesia berprestasi yang pengabdian dan daya usahanya telah memberikan solusi dan manfaat serta dorongan positif bagi perbaikan kualitas hidup masyarakat luas.
11 Juni 2010
XL bersama dengan Yayasan Khazanah (dibawah Axiata Group Berhad) memberikan program Beasiswa bagi warga negara Indonesia untuk menempuh pendidikan S1 dan S2 di berbagai universitas terkemuka di Malaysia.
15 Juni 2010
XL dan ICT Watch mensosialisasikan Internet Sehat di ajang CommunicAsia 2010 sekaligus meluncurkan buku panduan memanfaatkan internet secara sehat dan positif.
23 Juli 2010
Melanjutkan komitmen XL dalam mendukung pemerataan kualitas pendidikan nasional, XL meluncurkan Komputer untuk Sekolah (KUS) 2010. Peluncuran dilakukan oleh Menteri Pendidikan Nasional Muhammad Nuh dan Presiden Direktur XL, Hasnul Suhaimi di Jakarta.
22 September 2010
Dalam kerangka persembahan XL Bagi Negeri, XL mendukung penuh program Aku Cinta Indonesia (ACI) yang diinisiasi oleh detik.com sebagai salah satu wujud implementasi program tanggung jawab sosial perusahaan (CSR). 
30 September 2010
Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat atas layanan data dan internet broadband yang terus meningkat, XL menambah frekuensi 3G untuk meningkatkan kualitas layanan data. Dengan penambahan frekuensi ini, total frekuensi yang dimiliki oleh XL saat ini menjadi 2 x 10 Mhz (1960-1970 MHz / 2150-2160 MHz)
6 Oktober 2010
XL memperoleh ijin e-Money (Electronic Money) dari Bank Indonesia. Layanan ini merupakan instrumen pembayaran yang disediakan untuk pelanggan kami untuk menyelesaikan transaksi-transaksi komersial sederhana seperti pembayaran barang/jasa, tagihan dan pembelian barang baik yang terlihat atau tidak terlihat melalui ponsel tanpa menggunakan uang tunai.
28 Oktober 2010
Dalam kerangka persembahan XL Bagi Negeri, XL menyelenggarakan program bertajuk ”Soempah Pemoeda 2.0” : Semangat Satu Negeri di Era Digital. Program berwujud peringatan Sumpah Pemuda ini dapat diikuti melalui media digital www.soempahpemoeda.org, Twitter @indberprestasi (hashtag: #SatuNegeri dan #indprestasi) dan Facebook IndonesiaBerprestasi.
29 Oktober 2010
Sebagai wujud dari kepedulian terhadap terjadinya bencana banjir di Wasior, Papua, letusan gunung Merapi dan tsunami Mentawai, XL kembali membuka program SMS Donasi untuk menggalang dana bantuan dari para pelanggan yang selanjutnya diteruskan sebagai donasi bagi korban Wasior, Merapi dan Mentawai. 
2 November 2010
XL meluncurkan program promo layanan tarif international roaming semurah tarif panggilan lokal yaitu Rp 2.500/menit di 4 negara: Malaysia, Bangladesh, Sri Lanka, serta Kamboja. Tarif ini bisa untuk melakukan panggilan ke Indonesia dan juga ke negara di mana pelanggan berada, serta SMS.
4 November 2010
XL melakukan kerjasama dengan Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) dalam membangun platform penggunaan IPv6. Penandatanganan kerjasama dilakukan di Jakarta oleh Direktur Network XL, Dian Siswarini, dan  Ketua Umum APJII, Roy Rahajasa Yamin.
10 November 2010
Untuk meningkatkan kualitas dan manfaat layanan data, XL meluncurkan portal “XLgo!” yang akan semakin memudahkan pelanggan dalam mengakses bermacam layanan data/internet.
25 November 2010
XL kembali menganugerahkan Indonesia Berprestasi (IB) Award kepada warga negara berprestasi. Pada program yang menginjak penyelenggaraan tahun ke-4 ini, dewan juri IB Award telah memilih 3 warga dan 1 kelompok berprestasi dalam bidang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, Sosial Kemasyarakatan dan Kewirausahaan, serta Seni dan Budaya.
30 November 2010
Setelah sebelumnya meluncurkan promo layanan tarif international roaming semurah tarif melakukan panggilan lokal di 4 negara (Malaysia, Bangladesh, Srilanka, serta Kamboja), kini tarif semurah tarif murah tersebut juga berlaku bagi pelanggan yang berada di Singapura dan HongKong. 
8 Desember 2010
XL dan PT Kereta Api (KA - Persero) menjalin kerjasama untuk memaksimalkan layanan pada pelanggan dan masyarakat antara lain dalam mengakses informasi mengenai pembelian tiket dan jadwal kereta serta pemasangan wi-? di dalam kereta.
9 Desember 2010
XL meluncurkan Layanan XL Cuaps, sebuah inovasi layanan selebriti Voice Blog pertama di Indonesia. 12 Desember 2010 XL bekerja sama dengan Pundi Amal SCTV menggalang kerja bakti pemulihan Kali Code, Yogyakarta yang mengalami pendangkalan akibat banjir lahar dingin pasca letusan Gunung Merapi.
20 Desember 2010
Guna mempelajari lebih dalam mengenai LTE ini, XL bersama PT Ericsson Indonesia melakukan ujicoba di Jakarta. Ujicoba dilakukan melalui siaran langsung (live report) pertama di Indonesia bersama SCTV dengan menggunakan teknologi LTE.
6 Januari 2009
Memasuki tahun 2009, XL menawarkan tarif promosi terbaru baru yang semakin murah, simpel, dan memberikan kesempatan lebih leluasa bagi para pelanggan untuk menelepon dengan tarif yang lebih murah dalam durasi waktu yang lebih lama.
25 Februari 2009 
XL meluncurkan paket Kartu Perdana (Starter Pack) Layanan Internet Unlimited Prabayar 30 hari dengan menggunakan teknologi 3G/HSDPA
17 Maret 2009 
XL meluncurkan program corporate social responsibility (CSR) Indonesia Berprestasi Award (IB Award) 2009.
19 Maret 2009 
Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) dan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) XL memutuskan sejumlah keputusan penting. Diantara keputusan penting yang tercapai yaitu persetujuan pinjaman baru dan perubahan susunan Komisaris.

2 April 2009 
XL menghadirkan beragam layanan baru Value Added Services (VAS) untuk melengkapi keunggulan layanan XL yang telah ada seperti tarif murah dan jaringan berkualitas
8 Juni 2009
XL bekerjasama dengan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) dan Celcom Malaysia (Celcom) – melalui Celcom Multimedia (Malaysia) Sdn Bhd (Celcom), menghadirkan layanan Transfer Instan bagi TKI di Malaysia. Layanan ini memungkinkan TKI pelanggan Celcom mengirimkan dana ke Indonesia secara instan dan aman dengan memanfaatkan teknologi seluler. Logo perusahaan yang baru diluncurkan dengan menyertakan logo Axiata pada logo XL, yang melambangkan sinergi bersama Axiata
23 Juni 2009 
Setelah meluncurkan layanan Transfer Instan, XL meluncurkan layanan Kirim Pulsa Internasional yang tidak kalah inovatif untuk menjawab kebutuhan layanan telekomunikasi bagi TKI dan WNI di Malaysia serta keluarga mereka di Indonesia.
25 Agustus 2009 
XL Regional JabodetabeK (Jabodetabek dan Kalimantan) menghadirkan program terbaru yakni Paket XL Harga CDMA yang menawarkan tarif telepon yang lebih muRAh MEriah bagi pengguna XL Prabayar yang berada di area Jabodetabek dan Bandung.

3 September 2009 
XL menyalurkan bantuan untuk korban gempa di Tasikmalaya, Cianjur, Pangalengan, Pangandaran, dan Garut melalui program CSR XL Peduli Jabar.

1 Oktober 2009 
XL menggelar program XL Peduli Sumatera Barat. Melalui program ini XL membuka beberapa posko bantuan (TUG/Telepon Umum Gratis, bantuan logistik, dll) bagi para korban gempa Sumatera Barat.
8 Oktober 2009
XL genap 13 tahun melayani kebutuhan telekomunikasi seluler masyarakat Indonesia. Acara syukuran perayaan hari jadi XL berlangsung secara sederhana di Padang, Sumatera Barat - di tengah suasana duka akibat gempa - , dan di Surabaya bersamaan dengan peresmian fasilitas Surabaya Network Building (SNB) milik XL.
16 Oktober 2009 
XL luncurkan Single Access *123# yang mempermudah pelanggan XL untuk memilih sendiri berbagai layanan bertarif murah dari XL sesuai dengan kebutuhan mereka.

26 Oktober 2009 
XL menganugerahkan penghargaan Indonesia Berprestasi Award (IB Award) 2009.

16 November 2009 
Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa XL di grhaXL, Jakarta, Senin (16/11), telah terlaksana dan memutuskan sejumlah keputusan penting, antara lain persetujuan untuk melakukan Penawaran Umum Terbatas I (PUT) dalam rangka Penerbitan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (HMETD) serta persetujuan untuk menggelar layanan Pembayaran Pengiriman Uang melalui jaringan telekomunikasi.

11 Desember 2009
XL menyelesaikan Penawaran Terbatas sebesar IDR 2,8 triliun. Jumlah saham yang dikeluarkan sebanyak 1,418 miliar yang menjadikan total saham menjadi 8,508 miliar. Semua hasil dari Penawaran Terbatas digunakan untuk membayar hutang.
23 Desember 2009     
XL secara resmi mengganti nama perusahaan dari PT Excelcomindo Pratama Tbk menjadi PT XL Axiata Tbk sejak tanggal ini. Axis dan XL menandatangani kerjasama nasional roaming yang pertama di Indonesia. Teknis pelaksanaan perjanjian ini akan sejalan dengan peraturan pemerintah.
31 Januari 2008          
XL memberikan peralatan telekomunikasi kepada 14 universitas di Indonesia dan memfasilitasi training untuk mahasiswa dan dosen.
1 Februari 2008
Memperkuat posisi sebagaiprovider dengan layanan berkualitas dan tarif terjangkau, XL meluncurkan tarif promosi untuk panggilan internasional dan SMS ke beberapa negara.
18 Februari 2008
Memenuhi permintaan pelanggan yang tinggi, XL memperpanjang tarif promosi untuk XL Xplor dari 15 Februari sampai 31 Maret 2008.
20 Februari 2008
XL mengumumkan kenaikan pendapatan bersih sebesar 38% dari tahun lalu tahun 2007 atau Rp 8 milliar dan kenaikan EBITDA 37%, setara dengan Rp 3.5 miliar.

26 Februari 2008
XL memberikan kemudahan isi ulang bagi pelanggan prabayar dengan SingleVoucher: Voucher isi ulang yang berlaku untuk isi ulang fisik dan elektronik.

27 Februari 2008
XL bersama tim basket ASPAC mendukung olah raga sebagai gaya hidup. Nama ASPAC berganti menjadi XL ASPAC.
3 Maret 2008
XL mendukung kontes bakat untuk murid SMP dan SMA dengan ‘XLent Heroes’, sejalan dengan CSR program ‘Indonesia Berprestasi’.

18 Maret 2008
XL mengadakan “XL PestaPhoria – Pesta Sampe Puaaaaas” di 12 kota di Indonesia sebagai apresiasi kepada pelanggan.

4 April 2008
XL melaksanakan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan di Grha XL.

25 April 2008
XL menjadi anak perusahaan dari TM International Berhad (“TMI”) menyusul selesainya proses de-merging TM group sehingga TMI menjadi entitas tersendiri.

29 April 2008
XL menutup kuartal pertama 2008 dengan mencatat pertumbuhan sebesar lebih dari 51% dari periode yang sama tahun sebelumnya, dan sedikit peningkatan dari kuartal sebelumnya.

7 Mei 2008
XL meluncurkan layanan baru XL Life ‘XL Traffic Info,’ aplikasi berbasis WAP GPRS untuk kondisi lalul lintasreal time (live streaming) di beberapa lokasi di Jakarta .

19 Mei 2008
XL meluncurkan program Indonesia Berprestasi Awards (IBA) 2008. 28 Mei XL mengeluarkan tarif promosi baru Rp 50 untuk XL prabayar bebas (Rp 10/ detik untuk lima detik pertama) dan telepon gratis ke nomor XL di daerah tertentu.

11 Juni 2008
XL menandatangani kerja sama dengan e-Store dan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia Jakarta dalam penyediaan program bundlinghardware dan koneksi internet untuk lembagalembaga pendidikan.

16 Juni 2008   
XL menandatangani kerja sama untuk layanan korporat dengan Bank Permata, PT Pam Lyonnaise Jaya (Palyja) dan Amikom Yogyakarta.

18 Juni 2008
XL menawarkan kembali tarif murah melalui ‘Nelpon Gratis,’ telepon gratis untuk pengguna XL prabayarbebas untuk menelepon ke sesama XL pada jam tertentu. Berlaku selama satu bulan di seluruh nusantara.

8 Juli 2008
XL menandatangani kerjasama dengan Oke Shop untuk layanan Blackberry dan 3G-HSDPA internet kepada berbagai pengguna. PT Excelcomindo Pratama Tbk. 2008 Laporan Tahunan 19.

29 Juli 2008
Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa XL diadakan di Grha XL, Jakarta dan menyetujui berbagai putusan penting mengenai perjanjian hutang baru dan pergantian di Dewan Komisaris.

7 Agustus 2008
XL memperkenalkan tarif yang sangat terjangkau melalui ‘Promo Tarif Murah,’ yang menawarkan tarif murah untuk telepon dan SMS.

14 Agustus 2008        
XL dan BNI mempromosikan layanan Instant Transfer melalui XL untuk transfer uang dalam dan luar negeri.

28 Agustus 2008
XL mengadakan ‘Gema Ramadhan XL’ dengan berbagai program dari aktivitas sosial sampai beberapa pilihan layanan untuk pelanggan selama bulan Ramadhan.

3 September 2008
Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa XL menyetujui dua keputusan penting, memberikan persetujuan kepada Perseroan untuk menyalurkan dana kepada TM International Berhad (“TMI”) sehubungan dengan rencana untuk menjual saham XL dan menyetujui penjualan 7.000 menara telekomunikasi termasuk infrastruktur lainnya.

11 September 2008
XL bekerja sama dengan PT Garuda Indonesia (Persero) dalam hal solusi untuk kebutuhan TI korporat.

22 September 2008
XL and Standard Chartered Bank menandatangani mandat untuk cashmanagement, memberikan layanan untuk XL dalam bentuk platform elektronik untuk pembayaran, rekonsiliasi, dan pelaporan.

25 September 2008
Untuk menjadi penyedia layanan Blackberry terdepan, XL bersama Research in Motion (RIM) meluncurkan BlackBerry Bold, smartphone canggih dari RIM.

29 September 2008
Dalam rangka Idul Fitri, XL mengadakan “Mudik Bareng XL”, yang menyediakan transportasi mudik untuk 2.000 mitra distribusinya.

8 Oktober 2008
XL merayakan ulang tahun ke-12 dengan berbagai acara untuk para karyawan, pelanggan, dan masyarakat.
31 Oktober 2008
XL meluncurkan BlackBerry 1 (One) yang inovatif. Layanan BlackBerry harian yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan XL prabayar dan XL pasca bayar.

14 November 2008
XL meresmikan BTS ke- 15.300 di Muara Sipongi, Mandailing Natal, Sumatera Utara serta memberikan bantuan untuk pendidikan dan masyarakat di daerah tersebut.

19 November 2008
XL menganugerahi lima warga Indonesia “Indonesia Berprestasi Awards” untuk pencapaian mereka di bidang Pendidikan, Kewirausahaan, Kemasyarakatan, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, Seni dan Budaya. Direktur Jenderal Pos dan Telekomunikasi Basuki Yusuf Iskandar beserta Presiden Direktur XL Hasnul Suhaimi memberikan penghargaan kepada pemenang.
26 November 2008
Dalam rangka Hari Guru di Indonesia, XL meluncurkan program CSR, bagian dari Indonesia Berprestasi “Komputer untuk Sekolah.”.

1 Desember 2008
Fokus pada bisnis utama, XL menyerahkan operasi Contact Management kepada VADS Berhad.


Frekuensi yang digunakan
            Sampai dengan tahun 2010 fekuensi yang dimiliki oleh XL axiata adalah sebesar 2 x 10Mhz. Yaitu pada frekuensi 1960-1970 Mhz dan 2150-2160 Mhz. Dengan jaringan telekomunikasi GSM 900/1800 (2G/2,5G) dan W-CDMA 2100 (3G) di bawah izin jaringan seluler yang dikeluarkan oleh Pemerintah melalui Menteri Komunikasi dan Informasi (Menkominfo) yang mengalokasikan frekuensi 2 x 7,5 MHz pada 907,5-915 MHz dan 952,5-960 MHz untuk layanan telekomunikasi seluler 2G/2,5G; frekuensi 2 x 7,5 MHz pada 1710-1717,5 MHz dan 1805-1812,5 MHz untuk layanan telekomunikasi seluler 2G/2,5G; dan frekuensi 2 x 10 MHz pada 1960-1970 MHz dan 2150-2160  MHz untuk layanan telekomunikasi 3G.

Teknologi Yang Digunakan
     Teknologi yang digunakan oleh XL axiata antara lain 2G/2,5G yang beroperasi pada frekuensi dengan frekuensi 2 x ,5 Mhz (1710-1717,5 Mhz dan 1805-1812,5 Mhz). Untuk layanan telekomunikasi 3G menggunakan frekuensi 2 x 10 Mhz (1960-1970 Mhz).

1 komentar :

aljafari mengatakan...

aku juga pengguna xl kok, o jadi xl itu banyak inofasinya ya sob, :-)