Share It

Senin, 30 Juli 2012

DEFENISI KABEL FIBER OPTIK DAN JENIS - JENIS KABELNYA


2.1  DEFENISI FIBER OPTIK
     Secara umum  fiber optic merupakan kabel dengan teknologi canggih dan mempunyai kecepatan transfer data yang lebih cepat daripada kabel biasa, biasanya fiber optic digunakan pada jaringan backbone (Tulang Punggung) karena dibutuhakan kecepatan yang lebih dalam jaringan ini,namun pada saat ini sudah banyak yang menggunakan fiber optic untuk jaringan biasa baik LAN, WAN maupun MAN karena dapat memberikan dampak yang lebih pada kecepatan dan bandwith. Serat optik terbuat dari bahan dialektrik yang terdiri dari bahan inti yaitu kaca (glass) dan lapisan pelindung yaitu plastik. Di dalam serat inilah energi cahaya yang dibangkitkan oleh sumber cahaya, disalurkan (ditransmisikan) sehingga dapat diterima diujung unit penerima (receiver).



 
Gambar 2.1 fiber optic

2.2    JENIS – JENIS KABEL OPTIK

Secara umum kabel optik terbagi menjadi dua jenis kabel, yaitu tight   buffered dan loose tube.
2.2.1   Tight Buffered
          Dengan desain kabel tight buffered materi buffering berkontak langsung dengan serat, yang artinya serat optik didesain sedemikian rupa hingga terlihat rapat. Desain ini cocok untuk kabel jumper yang menghubungkan kabel luar ruangan ke peralatan dalam dan yang menyambungkan aneka alat dalam jaringan bangunan. Desain tight buffered menyediakan struktur yang kasar untuk melindungi serat tunggal selama perawatan, penyaluran dan konektorisasi. Benang aramid yang terdapat di dalam kabel berfungsi untuk menjaga serat agar tidak terpengaruh kerenggangan beban.

Gambar 2.2 Tight Buffered st connector

         2.2.2   Loose Tube
                    Dalam desain kabel loose tube pembuluh plastik berkode melindungi dan menjadi tempat bagi serat optik. Serat optik ditempatkan di dalam pipa longgar yang terbuat dari bahan PBTP (Polybutylene Terepthalete) yang berisi jelly. Pada kabel loose tube didesain sedemikian rupa hingga serat optiknya terlihat longgar dan serat optik dililitkan pada stregh member yang terdapat di dalamnya. Fungsi dari stregh member adalah sebagai elemen anti lengkung atau pengaman serat optik agar tidak mudah patah. Senyawa gel berfungsi untuk menghalangi masukknya air. Inti kabel, yang secara khusus dililiti benang aramid, merupakan bagian pokok yang berdaya rentang. Kabel loose tube secara khusus digunakan untuk instalasi luar ruangan dan aplikasi bawah tanah serta saluran udara.
Gambar 2.3 loose tube

Tidak ada komentar :